Laman

Peluang Usaha : Benih Ikan Lele Beromset Jutaan Rupiah Per Bulan

Choek Hermawan (22) sudah tiga tahun telah menggeluti budidaya ikan lele. dari proses pembenihan hingga pemasaran ia kerjakan sendiri. Di usianya yang masih muda, kini ia telah berhasil mempunyai penghasilan sendiri.
Bertempat di dusun kubangpari desa ciherang kecamatan Banjarsari, Choek ia biasa disapa mengatakan sejak tahun 2008 ia mencoba membudidayakan ikan lele yang diajarkan orang tuanya. Dari modal yang awalnya Rp 200 ribu hasil pinjaman salah seorang teman ia merintis dengan cara membuat beberapa kolam dari plastik di tanah kosong milik saudaranya.

Berkat kerja keras dan usahanya yang pantang menyerah, kini omsetnya jutaan rupiah setiap bulannya yang ia berhasil kantongi. Sebuah pekerjaan asalkan fokus dijalani dan sabar dalam menjalaninya tentu akan ada hasil yang baik, katanya. 

Menurut choek, jenis ikan lele yang ia budidayakan ialah jenis lele lokal (lele kampung) dan lele jenis pyton. Ia lebih berkonsentrasi ke penjualan benih ikan lele saja, karena penjulan benih lebih singkat waktunya dibanding menjual untuk di konsumsi.
 
Hanya membutuhkan waktu satu bulan saja, benih ikan lele bisa langsung di jual. Dalam usia satu bulan sejak di pijahkan, benih ikan lele sudah berukuran 3 cm bahkan ada yang hingga berukuran 12 cm. Benih ikan lele itu ia jual per ekornya dengan harga Rp 100-300 per ekornya, tergantung ukuran benih lele itu sendiri.
Dalam satu induk ikan lele, tambah choek, dalam satu kali bertelur bisa menghasilkan 30 ribu buah anak lele, namun tentu tidak semua mulus, kadang kala setelah beberapa hari ada serangan penyakit karna kondisi cuaca jelek.
 
Ia tidak menjual ke pasar banjarsari atau pasar mana pun, melainkan si pembeli yang datang sendiri ke tempatnya. Namun meski pun begitu pelanggannya sudah banyak, dari mulai Parigi hingga Kawali ada yang kesini, ungkap choek.
Pembeli benih ikan lele kebanyakan untuk di budidayakan dari pada untuk di konsumsi, tidak jarang yang membeli selalu dalam partai besar. “ Ya, ada yang sampai 20 ribu ekor benih, dengan harga Rp. 2 jutaan, katanya.  

Meski pun bisnis usahanya sudah terhitung sukses, namun bukan berarti choek lekas puas, ia berharap ada bantuan dana dari pemerintah untuk penambahan modal guna memenuhi permintaan benih ikan lele yang cukup banyak, pungkasnya. (23/01)

Sumber: Harapanrakyat.com